Iklan

PENDIDIKAN

Pemdes Cikadu Bagikan BLT DD Tahap Pertama Tahun 2021 Secara Door to Door

Redaksi
Senin, 03 Mei 2021, Senin, Mei 03, 2021 WIB Last Updated 2021-05-03T14:07:51Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


SUKABUMI - Pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Desa Cikadu, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi dilakukan dengan mendatangi langsung Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau door to door. Pembagian ini dilaksanakan selama satu hari penuh, Senin (03/05/2021).

Kepala Desa(Kades) Cikadu, N.Elva Yulianti Mengatakan bahwa pembagian BLT-DD untuk tahap pertama ini memang dilakukan secara door to door, untuk memudahkan para penerima itu sendiri. Mengingat di Desa Cikadu sendiri sebagian besar penerima BLT-DD merupakan keluarga miskin yang sudah lanjut usia dan memiliki sakit kronis. Selain itu, pihaknya juga mempertimbangkan jarak rumah penerima dengan kantor desa yang rata-rata cukup jauh untuk dijangkau.

“ Selain itu, saya juga ingin melihat langsung kondisi keluarga penerima, sekaligus bersilaturahmi dan bertatap muka dengan mereka,” kata N.elva yulianti.

N.Elva yulianti melanjutkan, nominal BLT-DD yang disalurkan tahap pertama (anggaran bulan januari) tahun 2021 sebesar Rp 300 ribu rupiah, Sedangkan jumlah keluarga penerima manfaat sebanyak 233 KPM.

Hal itu dilakukan untuk membangun transparansi dalam penyaluran BLT-DD yang bersumber dari APBDes tersebut,upaya ini pun sudah disosialisasikan sebelumnya kepada calon penerima.


“ Terkait proses penyaluran BLT-DD, N.Elva yulianti memaparkan bahwa Pemerintah Desa sudah melakukan pendataan dan verifikasi lapangan untuk memastikan kelayakan calon keluarga penerima BLT-DD. Setelah itu, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat menggelar Musyawarah Desa Khusus untuk membahas dan menetapkan keluarga penerima manfaat," Terangnya.

N.Elva yulianti pun berharap agar bantuan senilai Rp. 300 ribu rupiah itu benar-benar bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

" Semoga bantuan BLT-DD ini bermanfaat bagi warga yang mendapatkan dan semoga bantuan ini dapat meringankan kebutuhan mereka," Jelasnya.

Sementara itu, Babinsa Cikadu Sertu Untoro yang mendampingi langsung pembagian BLT-DD tersebut menjelaskan bahwa kegiatan penyaluran secara door to door ini untuk menghindari kerumunan warga.

" Tujuannnya menghindari kerumunan warga dan melihat langsung keluarga penerima manfaat(KPM) layak atau tidak nya mereka mendapat kan Bantuan langsung Tunai Dana Desa tersebut," Tegasnya.

Sertu Untoro menghimbau kepada warga agar selalu mengikuti anjuran pemerintah mengenai Protokol kesehatan dengan 5 M yaitu memakai masker,mencuci tangan,menjaga jarak,menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

Sementara itu, Palah warga RT 01 RW 01 Desa Cikadu sangat mengapresiasi pemdes Cikadu akan pembagian BLT-DD secara door to door ini.

" Terima kasih atas bantuannya,semoga bantuan ini bermanfaat bagi kami," Pungkasnya.

Acara Pembagian BLT-DD tahap pertama tahun 2021 dipimpin langsung oleh Kepala Desa Cikadu dan didampingi oleh Babinsa,Kadus,RT dan awak media.

(Irwan)
Komentar

Tampilkan

Terkini