-->

MGID

Iklan

PENDIDIKAN

Ketua TP- PKK Kalteng sapa Pendengar Radio RRI Dalam Dialog Interaktif

Redaksi
Rabu, 28 April 2021, 00.49.00 WIB Last Updated 2021-04-27T17:49:36Z
masukkan script iklan disini


KALTENG - Ketua Tim Penggerak PKK (TP-PKK) sekaligus Ketua Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kalimantan Tengah (Kalteng) Ivo Sugianto Sabran menyapa pendengar dalam dialog interaktif Kalteng Menyapa yang disiarkan dari Hall Radio RRI Pro 1 Palangka Raya pada saluran FM 89.2 MHz dan kanal YouTube RRI Pro 1 Pky, Senin (26/04/2021) pagi.

Dialog interaktif yang dipandu penyiar Septina Trisnawati ini mengangkat tema “Kiprah Kartini Masa Kini dalam Pembangunan” dan turut dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalteng Rian Tangkudung dan Kepala RRI Palangka Raya Ida Ayu Evi serta sejumlah pengurus TP-PKK dan Dekranasda Kalteng

Masih dalam masa memperingati Hari Kartini, 21 April 2021 lalu, Ivo Sugianto Sabran hadir menjawab berbagai pertanyaan para pendengar radio yang disampaikan melalui pesan singkat dan sambungan telepon, seputar peran dan kiprah perempuan masa kini. Ivo menekankan semangat Kartini perlu dijadikan sumber inspirasi di tengah pandemi saat ini. “Peran perempuan dalam memaknai Hari Kartini saat ini (di masa pandemi) salah satunya sama-sama memastikan agar masyarakat terhindar dari virus Covid-19,” ungkapnya membuka perbincangan.

Menurut Ivo Sugianto Sabran, pada masa lalu Kartini juga menghadapi keterbatasan secara adat, pendidikan, dan keadilan. Begitu pula masa sekarang, kaum perempuan terutama kaum ibu, diperhadapkan pada keterbatasan situasi pandemi. Untuk itu, Ivo mengimbau kaum perempuan bisa menjadi agen perubahan. “Agen perubahan dalam mengedukasi keluarga, lingkungan masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih dan sehat, menerapkan protokol kesehatan. Pada intinya, agen perubahan untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19 dan memastikan keluarga, masyarakat, dan lingkungannya terhindar dari Covid-19,” terangnya.

Selanjutnya, sebagai seorang perempuan, ibu rumah tangga, sekaligus ibu bekerja, Ivo Sugianto Sabran memotivasi kaum perempuan untuk tetap bersemangat menjalankan tugas multitasking tersebut. “Sekecil apapun kita harus bermanfaat bagi orang lain. Kita jaga benar-benar kesehatan diri agar bisa merawat keluarga dengan menerapkan protokol kesehatan, diharapkan dapat menjadi teladan bagi orang lain. Meskipun tugasnya banyak, kita nikmati saja,” jelas Ivo.

Menjawab pertanyaan seputar peran TP-PKK dalam hal kemandirian dan peningkatan ekonomi keluarga di masa pandemi ini, Ivo menjelaskan bahwa selama ini TP-PKK telah blusukan ke 13 kabupaten dan 1 kota di Kalteng untuk melakukan pembinaan dan pelatihan, misalnya batik eco-print dan pemanfaatan lahan di rumah untuk kebutuhan keluarga.

Di akhir dialog tersebut, Ivo berpesan, “Di moment Hari Kartini ini, kita jadikan semangatnya menginspirasi dalam kehidupan sehari-hari. Kita harus tetap produktif dan berinovasi. Perempuan harus ikut andil dalam pembangunan, akses bagi perempuan sudah terbuka lebar untuk setara dengan laki-laki. Inilah saatnya bagi perempuan berkontribusi dalam pembangunan.”

(Ton)
Komentar

Tampilkan

Terkini