Iklan

PENDIDIKAN

Pengusaha Tahu Keluhkan Kenaikan Kacang Kedelai

Redaksi
Selasa, 16 Februari 2021, Selasa, Februari 16, 2021 WIB Last Updated 2021-02-16T01:05:49Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


BOGOR - Salah satu perajin tahu Ibu Maya di Jalan Kaum Pandak Karadenan Rt.02 Rw.12 , Kabupaten Bogor, akhirnya menaikkan harga penjualan tahu akibat kenaikan harga bahan baku kacang kedelai yang mencapai Rp9.400 per kg. Selain itu, para pengrajin tahu kesulitan untuk memperoleh bahan baku tersebut.

Ibu Maya, mengungkapkan kenaikan harga kacang kedelai yang signifikan berdampak kepada produksi tahu. Menurutnya, pihaknya kesulitan untuk melakukan produksi secara normal.

"Ya berdampak banget, berdampaknya buat produksi agak susah, kan kenaikannya agak lumayan besar. Kenaikannya sudah dari kemarin kan Rp6.800 sekarang Rp9.400," ujarnya di Pabrik Tahu Ibu Maya, Senin (15/2/2020).

Ia mengatakan salah satu strategi yang dilakukan adalah menaikkan harga tahu agar tidak mengalami kerugian. Menurutnya, keputusan menaikkan harga tahu belum dapat menutupi ongkos produksi saat ini. Selain itu, apabila dinaikan terlalu tinggi maka para pembeli diperkirakan enggan membeli tahu.


"Mulai hari ini sudah kita naikin, sekarang yang tadinya Rp400 kita naikin Rp500, yang tadinya Rp700 jadi Rp800, yang tadinya Rp325 jadi Rp375, hampir kita naikan 18%," katanya.

Ia mengungkapkan, seluruh tahu yang diproduksi didistribusikan di wilayah Bogor. Namun begitu, menurutnya belum seluruh pasar mengambil pasokan tahu di Pabrik Ibu Maya. Pihaknya sedikit kesulitan memperoleh bahan baku kacang kedelai.

"Memang agak susah, biasanya kan agak cepat, kalau sekarang agak telat itu juga harus nyari kemana-mana," ujar Ibu Maya Ia menambahkan, pihaknya berharap agar harga kedelai normal kembali.

Jurnalis: Vika
Editor: Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini