-->

MGID

Iklan

PENDIDIKAN

Parutan Kelapa dan Gula Merah Cair Membuat Lupis Marlina Semakin Nikmat

Redaksi
Minggu, 28 Februari 2021, 07.25.00 WIB Last Updated 2021-02-28T00:25:17Z
masukkan script iklan disini


BOGOR - Siapa yang tidak kenal dengan lupis, jajanan yang satu ini terkenal dengan kelegitannya. Kemudian ditambah dengan parutan kelapa dan gula merah cair semakin nikmat rasanya. Kue lupis sendiri berasal dari desabahan dasar ketan yang sangat wangi. Bagian luarnya dilapisi daun pisang, setelah itu digulung sehingga terlihat seperti bentuk lontong ukuran besar.

Kue lupis terdiri dari beberapa jenis warna yaitu lupis ketan putih, lupis ketan hijau pandan,lupis ketan hitam,dan lupis warna warni pelangi. Lupis akan lebih lengkap lagi jika di nikmati bersama dengan gula aren asli. gula aren mampu menjadikan lupis semakin nikmat.

Cara membuat kue lupis yaitu beras ketan yang sudah di cuci bersih kemudian direndam dan digarami. kemudian beras ketan di kukus. kemudian beras ketan di campur dengan sagu, di Aron, dan dibentuk dengan cara di gulung dengan menggunakan daun pisang. Setelah itu rebus selama kurang lebih 5 jam.

"Usaha lupis betawi telah di buka selama lebih kurang sejak 6 tahun yang lalu. Inspirasi lupis Betawi ini merupakan makanan khas Betawi,kesukaan orang Betawi, yang membuat orang betawi dari situlah ide itu berasal. Lupis Betawi berbeda dengan lupis Medan. Perbedaannya Lupis Betawi berbentuk panjang seperti lontong sedangkan lupis Medan berbentuk segitiga,"Ungkap Marlina kepada Jurnalis portaltujuh.net

Selain berjualan lopis Betawi Bu Mardiana juga berjualan klepon dan ketan hitam. Suka duka berjualan lopis Betawi yaitu saat pandemi jualan semakin sepi. Awalnya bu Mardiana berjualan di ruko tetapi karena pandemi sehingga tidak memungkinkan berjualan di ruko lagi. Lupis Betawi milik Bu Mardiana dapat di temukan di jl.Tegar Beriman depan Telkom.

Bu Mardiana Berjualan selama ini di bantu dengan anak dan menantunya, pembeli lopis Betawi Bu Mardiana berasal dari orang sekitar, pagawai kantor, orang lewat. Untuk saat ini berjualan secara langsung,dengan menawarkan jualannya langsung kepada pembeli di sepanjang jl.Tegar Beriman. Harapan ibu Mardiana semoga usahanya selalu lancar sehingga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Jurnalis: Tari
Editor: Red
Komentar

Tampilkan

Terkini