-->

MGID

Iklan

PENDIDIKAN

Tunanetra, Selain Guru Musik "Frans Bili" Ahlinya Pijat

Redaksi
Senin, 21 Desember 2020, 12.31.00 WIB Last Updated 2020-12-21T05:31:52Z
masukkan script iklan disini

Fransiskus Bili, Guru Musik dan Ahlinya Pijat,Foto: Portaltujuh.net/Yanto Tena

TAMBOLAKA - Manusia diciptakan sebagai makluk yang berakal budi yang tidak sama dengan makluk hidup lainnya, sehingga tidak perlu menyesali apapun pada diri kita, karena semua diciptakan Tuhan dengan sempurna.

Demikian pesan dikatakan Fransiskus Bili (31), yang ditemui awak media portaltujuh.net dikediamnya, pada, Senin (21/12/2020).

Fransiskus Bili, Warga Desa Kadipada yang sejatinya menjadi pengingat dirinya sendiri untuk tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Frans tidak pernah menyesal dengan keadaannya yang tidak bisa melihat sejak lahir. Hal itu justru menjadi motivasi baginya untuk berprestasi. Malah Kata Frans, harus siap menjalani hidup apapun tantangannya.

Frans adalah seorang guru musik di SMK Kasimo Sumba, Kecamatan Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Pemuda ini memberi diri mendidik siswa SMK Kasimo baik di dalam dunia musik ataupun di dunia hiburan. Masuk Sekolah dari jam 07.00 pagi s/d 14.00 siang wita, Kata Frans, dirinya selalu menghargai waktu

Frans dikenal sebagai pemuda berprestasi. Sejak belajar di Sekolah Luar Biasa (SLB), Jl. Anggrek No. 19, Oepura, Kota Kupang, Sehingga dia pulang Sumba Barat Daya tempat ia berasal, ia mengembangkan prestasi yang dimiliknya. Prestasi ini tentu hal biasa bagi anak dengan kondisi normal. Namun baginya "prestasi itu dimiliki oleh siapa saja, hanya saja bagaimana cara kita mengawalinya", kata Frans.

Frans juga kerap mengisi kegiatan-kegiatan sosial masyarakat di sela-sela mengajar. Frans mengaku tidak pernah meminta fasilitas apapun saat menghibur masyarakat. Sejatinya dia mempunyai misi ingin mendekatkan dan menggugah masyarakat bahwa penyandang disabilitas sejajar dengan orang pada umumnya.

"Yang penting persiapan alat untuk nyanyi lengkap ya itu sudah aman, kalau soal lain-lain bagi saya tidak penting, selagi kita di kasih kepercayaan, ya patut di hargai, karena tak semua orang di kasih kesempatan", ungkapnya

Baginya, dengan kemampuan bermain musik menjadi nilai tambah. Dengan kelebihan yang dimiliki itu, Frans tidak menjadi sombong tetapi malah kian menunduk dengan penuh kerendahan hati. Ia berharap dengan kemampuan menguasai gamelan diharapkan akan memberikan manfaat kepada orang lain.

Tidak hanya itu, Frans juga ahlinya pijat, jika berkenan atau berminat untuk di pijat bisa hubungi nomor 081381631952 (Frans Bili).

Jurnalis: Yanto Tena
Editor: Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini