Iklan

PENDIDIKAN

Negeri Seribu Bukit,Bukit Damai Yang Begitu Elok dan Sangat Mempesona

Redaksi
Selasa, 08 Desember 2020, Selasa, Desember 08, 2020 WIB Last Updated 2020-12-08T15:18:53Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Pulau Sumba adalah sebuah pulau yang berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Luas wilayah Sumba cukup luas terhitung 10.710 km persegi dengan bukit yang mengelilingi pulaunya. Meski hanya memiliki luas wilayah yang tidak terlalu besar dibandingkan pulau lain di Indonesia, Sumba memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Mulai dari pantai berair biru, budaya yang beragam, hingga danau yang melegenda.

Sumba juga dikenal dengan julukan Negeri Seribu Bukit. Julukan ini bukan tanpa sebab, melainkan karena Sumba memiliki kekayaan alam bukit yang tidak terlalu tinggi yang menjulang mengelilingi pulaunya. Karena keindahannya pulau Sumba juga pernah menjadi tempat syuting film layar lebar.

Karena dijuluki sebagai Negeri Seribu Bukit, kini kita akan intip salah satu bukit indah yang tidak diragukan lagi, yaitu Bukit Damai namanya terletak di Desa Welibo, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur


Lanskap Bukit Damai yang begitu elok dan sangat mempesona membuat mata para pengunjung seperti tak ingin berkedip dibuatnya. Dapat melihat banyak pemandangan yang menyenangkan. Sunset dan sunrise sudah pasti, perbukitan yang hijau serta jalan berkelok di bawahnya juga akan dapat dinikmati dari atas sini. Rasanya ada di puncak tertinggi dunia deh pokoknya. Bukit Damai merupakan tempat yang tepat bagi para pengunjung yang ingin menikmati kesunyian, keheningan dan keindahan yang masih sangat alami.

"Tak ada yang salah dari merindu, termasuk yang sengaja disimpan lama dalam diam. Sesungguhnya hanya tinggal menunggu waktu kapan pertemuan itu terwujud. Namun, aku harus sedikit bersabar. Cuaca sedang tak mengizinkanku untuk menyaksikan keindahan alamnya Sumba", Tutur Si Putri Cantik kepada Pangerannya.

Perjalanan dari Kabupaten Sumba Barat Daya tempat saya berasal menuju ke Lamboya cukup memuaskan, pasalnya selain Lamboya mempunyai Nihi salah satu Hotel termahal dunia juga punya Bukit Damai yang sangat indah yang perlu dikunjungi. Setelah 1 jam berlalu, kami tiba di lokasi Bukit Damai. Tujuan kami ke sini bukan untuk sekedar jalan-jalan, melainkan foto-foto saja.


Tiba di sini, kami langsung ditantang oleh sosok Bukit Damai yang tinggi menjulang dengan kokohnya. Kami pun terperangah dan sontak mengeluarkan kamera untuk mulai berfoto. Sudah disediakan juga tempat berfoto di sini, berupa susunan bambu-bambu bertingkat. Dan juga telah dibangun emat unit Lopo bercorak rumah adat Sumba dengan bahan alam serta 1 unit MCK. Wow, rasanya kamipun ingin berlama-lama di tempat ini.

Untuk mencapai Bukit Damai ini, dari Waikabubak, ibu kota Kabupaten Sumba Barat, bisa dijangkau dengan jasa ojek sepeda motor yang mudah dijumpai di Kota Waikabubak dan juga dengan menumpang bus arah Selatan dengan harga terjangkau sekitar Rp 15.000-30.000 yang dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Soal keamanan di lokasi wisata jangan ragu karena masyarakat di wilayah itu sangat ramah.

Penulis: Ariyanto Kristian Tena.,A.Md
Komentar

Tampilkan

Terkini