Iklan

PENDIDIKAN

Tahukah kamu Tiga Guru Yang di Nobatkan Sebagai Pahlawan Nasional !

Redaksi
Senin, 05 Oktober 2020, Senin, Oktober 05, 2020 WIB Last Updated 2020-10-13T15:25:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

(Dok.Covasia.com)


PORTALTUJUH.NET
BOGOR-Setiap tanggal 5 Oktober, dunia merayakan Hari Guru Sedunia. Guru adalah tugas yang paling mendasar dalam sebuah Negara bahkan Dunia sebab tanpa mereka tidak akan ada generasi emas atau generasi yang akan mampu berpikir dan bertindak untuk kemajuan yang lebih baik. Di Indonesia sendiri ada tiga golongan guru yang masing-masing golongan tersebut sangat berbeda dalam perlakuan haknya.

Golongan pertama adalah guru yang merupakan pegawai negeri sipil, golongan ke dua adalah guru honorer dan yang ketiga adalah guru swasta.Terkait bahasan tentang guru,tahukan kita siapa saja guru yang di nobatkan menjadi Pahlawan di Indonesia ? 

Di dapat dari berbagai sumber,penulis memilih tiga orang guru yang di nobatkan sebagai Pahlawan nasional, yakni:
1. Ki Hadjar Dewantara. 
Ki Hadjar Dewantara pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan, Pengajaran dan Kebudayaan yang pertama. Nama Ki Hadjar Dewantara bukan saja diabadikan sebagai seorang tokoh dan pahlawan pendidikan (Bapak Pendidikan Nasional) yang tanggal kelahirannya, 2 Mei , dijadikan Hari Pendidikan Nasional, tetapi juga ditetapkan sebagai Pahlawan Pergerakan Nasional.
2. Oemar Said Tjokroaminoto
sering disebut HOS Tjokroaminoto adalah seorang ulama pendiri Sarekat Islam (SI) dan seorang guru besar yang menghasilkan tokoh-tokoh dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Organisasi SI pimpinan Tjokroaminoto sendiri secara politik adalah yang pertama memelopori pergerakan nasional untuk menuju kemerdekaan.
3. Kyai Haji Ahmad Dahlan.
Ahmad Dahlan dalah seorang guru agama, pahlawan nasional, dan pendiri salah satu organisasi keagamaan terbesar di Indonesia, Muhammadiyah. Ahmad Dahlan dikenal atas jasa-jasanya mengajarkan tentang keIslaman yang menuntut kemajuan, kecerdasan, dan keikhlasan beramal bagi masyarakat luas. Dengan Muhammadiyah, Ahmad Dahlan telah memelopori kegiatan sosial di bidang pendidikan yang sukses menghasilkan banyak guru besar.

SELAMAT HARI GURU untuk para guru di dunia khususnya guru-guru Indonesia. 

Jurnalis: Anto
Editor: Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini