Iklan

PENDIDIKAN

DPC PWRI Bogor Gelar Evant Building Character Journalist

Redaksi
Minggu, 04 Oktober 2020, Minggu, Oktober 04, 2020 WIB Last Updated 2020-10-13T15:25:39Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

DPC PWRI Bogor Gelar Evant Building Character Journalist,(Dok.Portaltujuh.net)


PORTALTUJUH.NET
BOGOR-Evant Building Character Journalist, yang diselenggarakan oleh Lembaga Jurnalis “PWRI” DPC Bogor. Merupakan program kerja dari kelembagaan Persatuan wartawan Republik Indonesia , untuk memberikan pemahaman dalam menjalankan tugas – tugas pokok sebagai insan pers yang bergerak di bidang produk pemberitaan.

Pers merupakan pilar ke 4 (empat) di dalam sebuah negara yang merdeka dan berdaulat.




Setiap tugas pokok seorang jurnalis, dalam membuat produk informasi pemberitaan harus memahami azas praduga tak bersalah setiap menjejaki sebuah temuan kasus dengan melakukan kajian – kajian pendalaman yang harus di dapat berupa fakta dan data.

Media sebagai sebuah badan usaha harus memiliki tenaga – tenaga jurnalis yang profesional guna menghasilkan sebuah produk pemberitaan yang dapat di pertanggung jawabkan dari setiap jenis berita yang dihasilkan.

Lembaga Jurnalis seperti PWRI. Persatuan Wartawan Indonesia, juga menjalankan tugasnya dalam membangun membentuk parawartawan yang tergabung dikelembagaannya untuk mendidik memberikan pemahaman lebih jauh dari tugas pokok seorang wartawan.

Building Character Journalist, yang diselenggarakan pada hari Sabtu 3 Oktober 2020 di wilayah Cinangka Ciampea Kabupaten Bogor, terselenggara berkat kerja sama antara perusahaan media Padjajaran Pos bersama PWRI.DPC.Bogor berserta perusahaan media lainnya baik cetak maupun online. Untuk menciptakan tenaga kuli tinta yang profesional dan berkarakter.




Hadir pula sebagai nara sumber dari berbagai kalangan baik eksekutif yang diwakili langsung oleh ketua komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat. H Ruhyat Nugraha.SH.MH. sebagai pembicara sekaligus nara sumber yang hadir pada acara tersebut

Praktisi Hukum Ruby Falahadi.SH, yang juga seorang aktivis kemanusian yang bergerak di kelembagaan hukum, juga nampak hadir sebagai nara sumber, serta perwakilan langsug dari pimpinan struktural PWRI pusat yang diwakili oleh Sekjen PWRI Pusat ” D.Suprianto.JN, sebagai pembicara di evant Building Character Journalist.

Rohmat Selamat.SH.MKn, sebagai ketua DPC.PWRI.Bogor, turut menyampaikan kata pembuka dihadapan puluhan para jurnalis yang hadir pada acara tersebut.


Kepada media Rohmat, menyampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk kerja nyata bagi kelembagaan PWRI untuk menciptakan jurnalis yang cakap dan profesional dalam menjalankan tugas – tugas pokok sebagai pewarta. Rohamat juga menambahkan seorang pewarta harus mampu memberikan informasi yang baik dan benar dalam membuat sebuah karya pemberitaan kepada publik, mengingat saat ini jika seorang jurnalis yang membuat sebuah kerya tulis produk pemberitaan harus mengacu kepada UU.Pers tahun 1999. Nomor : 40, mengenai aturan hukum yang mengatur tugas pokok seorang jurnalis, agar karyanya benar – benar menjadikan sebuah karya yang membuka jendela cakrawala pemilikiran yang luas dari sebuah informasi yang di sajikan kepublik sebagai penerima sumber informasi tutup Rohmat.

Praktisi penggiat hukum dan juga seorang advokat muda ,” Ruby Falahadi, juga menyampaikan bahwa seorang wartawan harus mampu dan siap menghadapi resiko dalam menjalankan tugasnya dan harus mampu seorang wartawan sebagai sosial kontrol yang menempatkan dirinya sebagai pilar ke 4(empat) disebuah negara yang merdeka berdaulat dalam memberitakan setiap karya jurnalistiknya , jika seorang wartawan itu harus memberitakan kebenaran maka harus memberitakan kebenaran itu kepada masyarakat banyak dan hal ini harus dilakukan pula dengan kajian pendalaman lebih jauh untuk mengungkap sebuah kasus apapun dengan berdasarkan bukti dan fakta jika memang itu ada dan terbukti, biasanya ada 2(dua) hal yang akan dihadapi oleh seorang jurnalis, maju terus untuk memberitakan kebenaran kepada masyarakat banyak meski tak jarang pula kasus – kasus yang diangkat seorang wartawan selalu dihadapi berbagai rintangan baik yang bersifat masiv oleh pelaku kasusnya dan juga tak jarang pula seorang wartawan mendapatkan ancaman dari sebuah kasus yang dilakukan oleh seseorang. Hal ini menjadi konsekwensi yang tidak dapat dihindari pagi wartawan, apakah seorang wartawan akan terus mendorong informasi ini lebih jauh atau sebaliknya kasus yang sedang di dalaminya berhenti ditengah – tegah jalan ,? Yang disebabkan berbagai hal, baik ancaman dan intimidasi yang diterima seorang wartawan dari seseorang pelaku kasus itu? Atau kasus itu berhenti bisa juga disebabkan hal lain seperti sogok membungkam suara pemberitaan oleh pelaku kasus itu. Jadi kata lain tugas seorang wartawan sangat komplek ancaman godaan serta lain – lain bisa terjadi pada diri seorang wartawan turur Ruby.

Ruby menambahkan seorang wartawan harus melakukan 2 (dua) hal. Maju terus sebagai pahlawan informasi atau mundur meninggalkan kalangan sebuah kasus tegasnya.

H.Ruhyat Nugraha.SH.MH. selaku Ketua komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat, yang juga menyampaikan beberapa hal kepada puluhan peserta evant Building Character Journalist, mengatakan , seorang wartaan itu harus mampu mengkontrol dirinya dalam menjalankan tugasnya, mengapa hal ini harus dilakukan oleh seorang wartawan. ,” wartawan itu adalah gerbang informasi bagi masyarakat banyak. Kalau seorang wartawan itu bermental lemah dan mau diiming – imingi upeti dan tidak menanamkan jiwa idealisme dalam menjalankan tugas pokoknya sebagai pewarta, sudah pasti hasil dari produk pemberitaannya jauh dari sebuah kebenaran yang sesungguhnya dan jika seorang wartawan itu mampu mengkontrol dirinya dalam menjalankan tugasnya, pastinya karya – karya pemberitaannya pasti berisikan informasi yang benar – benar yang akan diberitakannya. Juga harus diingat pula bagi seorang wartawan harus menjunjung azas praduga tak bersalah, mengapa karena media adalah sebuah perusahaan produk pemberitaan yang harus bekerja berdasarkan fakta dan data temuan – temuan yang benar sebelum di publis kemasyarakat tegas ketua komisi 1 DPRD Provinsi Jawa Barat.

Pada acara pamungkas panitia juga memberikan plakat kehormatan bagi para undangan dan nara sumber yang hadir sebagai pembicara acara Building Character Journalist.

Editor: Redaksi
Komentar

Tampilkan

Terkini