-->

MGID

Iklan

PENDIDIKAN

Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H, Pemdes Cibening Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Seni Qasidah

Redaksi
Senin, 07 September 2020, 05.28.00 WIB Last Updated 2020-09-08T17:39:56Z
masukkan script iklan disini

Parihudin Kades Cibening Kec.Pamijahan, Kab.Bogor



PORTALTUJUH.NET
BOGOR-Bulan muharram yang dikenal sebagai tahun baru islam, merupakan bulan yang suci bagi seluruh ummat islam.Dimana bulan muharram tersebut mengingatkan ummat islam kembali sejarah sikap istiqomah atau teguh pendirian Nabi Muhammad SAW,tetap berjuang menyebarkan islam meski menghadapi berbagai rintangan, hambatan dan ancaman.

Dalam rangka menyambut tahun baru islam 1 muharram 1442 Hijriah 2020.Pemerintah Desa (Pemdes) Cibening, Kecamatan Pamijahan, Kab.Bogor, mengajak masyarakat melestarikan kembali budaya seni Qasidah yang hampir musnah ditelan jaman, dengan merangkainya dalam acara perayaan tahun baru islam tersebut yang dijadikan sebagai perlombaan.

"Mengingat kita saat ini dalam kondisi pandemi covid-19, maka tahun baru islam kali ini kita sambut berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, jika tahun lalu kami sambut dengan bermacam kegiatan yang bernuansa keagamaan, maka kali ini kita sambut dengan sederhana menarik minat masyarakat untuk mencintai kembali budaya seni qasidah sehingga dilestarikan oleh masyarakat.Pasalnya kita lihat budaya seni qasidah ini hampir hilang ditelan kemajuan jaman setiap tahun semakin meningkat.


Kita tidak bisa membendung kemajuan yang ada, maka, dibulan suci ini kami sepakat untuk mengajak masyarakat melestarikan kembali budaya seni qasidah dengan menjadikannya perlombaan dalam acara penyambutan tahun baru islam 1 muharram 1442 H, hal itu dikatakan oleh E.Sulaiman selaku Seketaris Desa (Sekdes) Cibening didampingi oleh Asep Mutado sebagai ketua panitia acara perayaan tahun baru tersebut, kepada sejumlah awak media di aula Desa Cibening, usai melaksanakan musyarawarah pembentukan panitia acara perayaan tahun baru islam tersebut,Jum'at sore (26/08/2020).

"Insya Allah acara akan dilaksanakan Sabtu malam minggu pada 29 Agustus 2020 nanti, bertempat dikapling Desa Cibening dan dilaksanakan dengan mengindahkan protokol kesehatan",sambung dia.

"Selain bertujuan untuk mengajak masyarakat melestarikan kembali budaya seni qasidah, kami juga ingin mempererat hubungan masyarakat antara satu sama lain sehingga tali siraturahmi mereka bisa selalu terjalin.

Takhanya itu, dalam perayaan ini nanti kita juga menyantuni anak yatim seperti tahun-tahun sebelumnya.

Sebagai motivasi untuk para peserta, kita akan memberikan apresiasi (Hadiah) bagi pemenang yang sudah disiapkan oleh ketua TP PKK Desa Cibening yakni Yuli istri dari Parihuddin Kepala Desa (Kades) Cibening dengan mengguras kantong pribadi beliau.

Terakhir Sekdes berharap,"agar pemerintah Kab.Bogor dalam hal ini Dinas Pariwisata Kab.Bogor dapat mengembangkan dan mempromosikan budaya seni qasidah ini sehingga dikenal oleh seluruh masyarakat khususnya masyarakat wilayah Kab.Bogor, agar tidak hilang dari ingatan masyarakat", tutup dia mengakhiri perbincangan

Jurnalis: Rossa
Editor: Redaksi


Komentar

Tampilkan

Terkini