Iklan

PENDIDIKAN

Pejabat Publik Harus Terbuka Dan Transparan Kepada Rakyat

Redaksi
Jumat, 04 September 2020, Jumat, September 04, 2020 WIB Last Updated 2020-10-13T15:57:06Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini






PORTALTUJUH.NET
Keterbukaan Informasi Publik itu semangatnya mendorong penyelenggara negara agar terbuka kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat turut mengawasi jalannya pemerintahan. Kebutuhan layanan informasi itu juga merupakan hak dasar publik sehingga tidak perlu ada yang ditutup-tutupi sekarang ini,”

Semakin terbuka serta kian mudahnya masyarakat untuk mengakses informasi mengenai program dan kinerja instansi pemerintah, maka semakin mudah pula terwujud tata kelola pemerintahan yang baik dan bertanggung jawab.


Undang-Undang No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Undang-undang ini mendefinisikan informasi publik yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya yang sesuai dengan Undang-undang ini serta informasi lain yang berkaitan dengan kepentingan publik.

badan publik yang dimaksud dalam undang-undang ini adalah lembaga eksekutif, legislatif, yudikatif, dan badan lain yang fungsi dan tugas pokoknya berkaitan dengan penyelenggaraan negara, yang sebagian atau seluruh dananya bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah, atau organisasi nonpemerintah sepanjang sebagian sumbangan masyarakat, dan luar negeri.

Menyadari dengan sungguh bahwa di dunia ini tidak ada yang sempurna, dan tidak semuanya mempunyai komitmen yang sama untuk mewujudkan keterbukaan dilingkungan kerja masing-masing,sehingga saat ini masih saja ditemukan badan publik yang belum sepenuhnya terbuka kepada publik.
 
Kondisi ketidakterbukaan inilah yang sering disangkut-pautkan dengan berbagai kasus yang menimpa badan publik tersebut, misalnya kasus Korupsi. Mengapa demikian, karena keterbukaan informasi publik diyakini sebagai salah satu kunci untuk meredam, dan mencegah terjadinya korupsi di lingkungan badan publik

Jurnalis: Efri
Editor: Redaksi


Komentar

Tampilkan

Terkini