Iklan

PENDIDIKAN

10 Tahun Menghindar Bekerja Sebagai Guru, “Biografi Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia Kab.Bogor Wilayah Timur”

Redaksi
Minggu, 27 September 2020, Minggu, September 27, 2020 WIB Last Updated 2020-09-27T12:47:14Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Anto Putrawan, S.pd, (Dok.Portaltuju.net)



PORTALTUJUH.NET
Anto Putrawan.S.Pd atau akrab disapa Pak Anto, adalah salah satu guru Mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMKS Galileo Sentul Bogor, beliau lahir pada 22 Desember 1983 di salah satu pojok terpencil di Provinsi Bengkulu,Desa Air Umban Kecamatan Pino Kabupaten Bengkulu Selatan tepatnya. Lahir dari pasangan Wasnin dan Bayani. Beliau adalah kakak tertua dari tiga bersaudara. Terlahir sebagai kakak membuat beliau harus menjadi teladan bagi adik-adiknya yang keduanya adalah perempuan. 
         
Pak Anto mengawali profesi guru baru sekitar 5 tahun saja. Pekerjaan sebagai guru bukanlah pilihan hati beliau di awalnya. Pada tahun 2007 beliau sudah mulai bekerja,namun beliau lebih memilih bekerja sebagai marketing waktu itu. Berbeda jauh dengan pilihan pekerjaan yang diambil oleh teman-teman seperjuangan kuliahnya yang notabene lulusan fakultas ilmu keguruan dan ilmu pendidikan.


Awal karir beliau di mulai dari Ibu Kota Provinsi Bengkulu. Saat beliau telah 1 tahun bekerja sebagai marketing,beliau menemukan tambatan hatinya. Adalah Ernawati namanya. Putri tertua dari 4 bersaudara. Dari pernikahan ini Pak Anto sekarang memiliki 1 orang pturi bernama Ayudhia Clara Putri dan 1 putra bernama Fathan Airu Ghazi.Setelah beberapa tahun bekerja, Pak Anto memutuskan untuk hijrah ke Kota Bogor. 

Kota yang sama sekali belum beliau pernah tahu sebelumnya. Tapi entah mengapa firasat beliau mengatakan akan ada sesuatu yang baik untuk beliau sekeluarga di kota tersebut. Tepat pada tahun 2009 beliau berhijrah ke Kota Bogor. Karir beliau diawali dari bekerja sebagai debt collector sebuah usaha jasa financial. 4 tahun beliau menekuni pekerjaan tersebut.

Malang melintang dengan semua resiko jalanan. Pada tahun 2013 akhir hingga pertengahan tahun 2016,Pak Anto bekerja di beberapa jenis pekerjaan diantaranya security proyek pembangunan apartemen, sales TV Kabel, jual beli online dan bahkan bekerja sebagai wartawan lepas sebuah tabloid. 
            
Juli 2016 mendadak Pak Anto mendapat panggilan dari sebuah SMK favorit yang jaraknya tidak begitu jauh dari kediamannya. Panggilan berisi informasi untuk hadir ke sekolah tersebut dalam rangka microteaching menjadi guru. Pertanyaan kapan saya melamar jadi guru ?? kok tiba-tiba ada panggilan terjawab setelah beliau menyampaikan kabar tersebut kepada istrinya. Istrinya lah yang berinisiatif membuat dan mengirimkan lamaran pekerjaan tersebut. 

Adalah SMKS Mekanik Cibinong tempat beliau mengabdikan diri pertama kali sebagai guru Bahasa Indonesia sesuai dengan latar belakang pendidikan yang beliau miliki. 2 tahun beliau jalani bergelut dengan pendidikan di lingkungan SMKS Mekanik Cibinong. Beliau perlahan mulai merasa tertarik dan tertantang.

Hingga pada tahun 2018 Pak Anto memutuskan pindah sekolah tempat mengabdikan diri. Adalah SMKS Bangun Nusa Bangsa Cibinong yang menjadi pilihan. Selama 2 tahun bekerja Pak Anto sempat menjabat sebagai Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum dan wakil kepala sekolah bidang hubungan industri. Beliau juga sudah mendapat kepercayaan menjadi Sekretaris pada MGMP (Musyawarah guru mata pelajaran) Bahasa Indonesia Kabupaten Bogor Wilayah Timur. 

Pada tahun 2020 tepatnya di bulan Juli,bertepatan juga dengan munculnya pandemic covid 19 yang melanda dunia,Pak Anto memutuskan untuk pindah tempat mngabdikan diri lagi. Adalah SMKS Galileo Sentul yang dipilih.

Pak Sam banyak sekali menjalani jenis profesi sebelum menjadi guru, dari mulai kuli bangunan hingga pimpinan redaksi sebuah media cetak. Mengalami masa- masa sulit dalam semua jenis pekerjaan tersebut dan bahkan pada saat menjalani karirnya sebagai guru, akan tetapi beliau tetap menjalani pekerjaan walaupun pekerjaan ini tidak menjadi hal yang dia cita-citakan sejak kecil. Beliau berprinsip akan selalu ada resiko jelek untuk perbuatan jelek biarpun tersembunyi bagitu juga sebaliknya dan banggalah dengan ilmu yang kamu punya dan bukan sombong karna harta. 
           
Guru yang ramah ini selain bekerja sebagai Guru Swasta, ia juga mendapat penghasilan dari pekerjaan beliau sebagai redaktur media online dan marketing asuransi. Beliau juga terlibat aktif sebagai Sekretaris Jendral Perkumpulan Keluargo Sekundang Setungguan Bengkulu di Bogor. Kini beliau tinggal di Perumahan Bumi Karadenan Permai 3 Kelurahan Karadenan Cibinong Bogor, bersama anak-anak dan istri tercintanya. Ayah dari 3 anak ini masih dalam perjuangan menyekolahkan satu anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar serta putranya yang masih berusia 2 tahun. 
            
Di usia kerja yang belum begitu lama beliau jalani, Pak Anto menjalani profesi guru dengan sebaik mungkin dan berpegang pada pada kalimat yang beliau susun sendiri yakni “ Tidak layak seseorang disebut guru jika orang tersebut tidak mampu atau bahkan tidak mau menunjukkan mana salah atau benar, mana yang baik atau jelek kepada siswanya

Hak Cipta: Anto Putrawan,S.pd
Sekretaris MGMP Bahasa Indonesia 


Komentar

Tampilkan

Terkini